Breaking News

Pengertian Dan Perbedaan Tali, Simpul, dan Ikatan


Pramuka Network - Halo sahabat pramuka network, gimana nih kabarnya ? pasti sehat dan selalu bersahaja kan . ? ya iyalah. namanya juga anak pramuka. pastinya harus sehat dan bersahaja, seperti yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka. oh ia. . pada kesempatan kali ini kakak akan memaparkan tentang perbedaan antara tali, simpul, dan ikatan. yuk langsung saja..

1.Tali

Tali adalah benda yang di gunakan dalam membuat ikatan atau simpul. sedangkan menurut eksiklopedia terbesar dunia yaitu wikipedia Tali adalah kumpulan lapisan linear, benang atau helai yang bengkok atau dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan mereka ke dalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat. Tali memiliki kekuatan tarik sehingga dapat digunakan untuk menyeret dan mengangkat, tetapi terlalu fleksibel untuk memberikan kuat tekan.

Tali dapat berupa kumpulan dari benang yang di anyam. Benang adalah sebuah serat yang panjang, digunakan untuk pemroduksian tekstil, penjahitan, crocheting, knitting, penenunan, dan pembuatan tambang. Benang dapat dibuat dari banyak fiber sintetik atau alami.Benang dapat dibuat dari beragam fiber alami seperti wol, alpaca, wol Angora, katun, sutra, bambu, hemp, dan soy (Wikipedia). Sedangkan anyaman merupakan kumpulan dari benang yang menjadi satu kesatuan.
Contoh Tali :
a. Contoh dari jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan produksinya yaitu : Tali Benang Wol, Tali Bulu Ayam, Tali Sutera dll.
b. Contoh sebagian dari jenis tali yang terbuat dari serat-serat tumbuhan ini diantaranya : Tali dari serat ganja, tali manila, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll.

c. Jenis tali yang terakhir adalah jenis tali yang berasal dari material baja. Jenis tali ini adalah jenis tali yang paling kuat dan kokoh karena memang sifaat dari baja itu sendiri adalah kuat dan keras.


2. Simpul

Simpul adalah bertemunya tali dengan tali yang saling mengikat. Definisi/arti kata 'simpul' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah n ikatan pada tali atau benang. sedangkan berdasarkan sumber lain Simpul adalah hubungan tali dengan tali. bisa satu tali dengan tali yang lain maupun dengan tali itu sendiri. Tali adalah bendanya atau tali itu sendiri atau nama benda. sedangkan tali temali adalah bermain tali.

Contoh Simpul :
a. Simpul Matu
b. Simpul hidup
c. Simpul Pangkal
d. Simpul jangkar
e. dll

3. Ikatan

Ikatan adalah hubungan antara tali dengan bendanya. benda yang di maksud dapat berupa makhluk hidup ataupun benda. misalnya untuk mengikat kambing , sapi , dan mengikat tongkat.

contoh ikatan yaitu;
a. ikatan kaki tiga
b. ikatan palang
c. ikatan silang
d. ikatan canggah

Gb. Ikatan Palang

Gb. Ikatan kaki tiga

Nah itulah pengertian dan contoh-contoh tali, simpul, dan ikatan baik dalam pramuka atau diluar pramuka. karena kegunaan dari tali-temali sendiri digunakan oleh khalayak umum. sekian dulu ya sahabat pramuka network. jangan lupa baca dan ikuti terus posting update dari kami. salam pramuka..

Referensi:
wikipedia
https://rejekinomplok.net/simpul-dan-ikatan-tali-temali-dalam-pramuka/
http://yelpramuka.blogspot.com/2015/10/perbedaan-tali-simpul-dan-ikatan-dalam-pramuka.html

Tidak ada komentar