Breaking News

ARTI KIASAN RAMU , RAKIT , TERAP


Salam Pramuka . . . 
Pramuka Network - halo sahabat pramuka network , pada kesempatan kali ini kakak akan membagikan materi tentang arti dari kiasan ramu , rakit , dan terap . Dipramuka penggalang ada tiga tingkatan seperti yang kita ketahui , yaitu penggalang ramu , penggalang rakit , dan penggalang terap. tingkatan ini dapat di capai jika pembina gugus depan melantik anggota pramuka yang telah menyelesaikan capaian-capaian yang ada di SKU pada masing-masing bab. nah setelah selesai mengisi SKU maka barulah pembina akan melantiknya.
Arti kiasan ramu rakit terap sendiri , ada maksud dan tujuan tersendiri yaitu sesuai capaian yang di SKU. Jadi badge pangkat Ramu , Rakit , dan Terap memiliki arti dan pengamalan yang berbeda . nah berikut ini arti dari kiasan tersebut .

1. Kiasan Ramu

Penggalang Ramu merupakan tingkatan pertama dalam usia pramuka penggalang atau capaian yang pertama dalam SKU. atau juga tingkatan sebelum pramuka penggalang rakit dan terap dalam pramuka penggalang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata ramu dimaknai sebagai "kumpul; urun; menjadikan satu (pendapat, akar-akaran, kayu-kayuan)". makanya tingkatan pertama dalam pramuka penggalan disebut ramu .

Filosofi dari penggalang ramu adalah pada masa-masa ini seorang pramuka masih dalam taham meramu yaitu masa mencari ilmu dan pengetahuan tentang dunia kepramukaan  dan masyarakat. seperti dalam sejarah , meramu sendiri merupakan proses mengumpulkan makanan untuk bertahan hidup. Dalam hal ini , pramuka penggalang ramu berproses untuk mencari bekal-bekal yang dapat mensurvive dalam kehidupan masyarakat.

2. Kiasan Rakit

Penggalang Rakit merupakan tingkatan kedua dalam pramuka penggalang setelah penggalang ramu dan sebelum penggalang rakit . atau tingkatan kedua pramuka penggalang setelah menyelesaikan materi SKU tingkat kedua.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Rakit memiliki tiga arti , meski pelafalannya sama artinya berbeda . Merakit memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga merakit dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Filosofi dari penggalangg rakit adalah pada masa ini seorang pramuka tingkatan rakit harus bisa memilah dan membedakan hal - hal yang di temui atau di pelajari antara kebaikan dan keburukan . Setelah mengumpulkan pengetahuan di penggalang ramu , maka di penggalang rakit adalah waktu untuk mengumpulkan materi -  materi yangbaik dan berguna untuk kehidupannya mendatang , sehingga seorang penggalang tingkatan rakit tidak terjerumus dalam pergaulan bebas atau semacamnya.

3. Kiasan Terap

Penggalang terap merupakan tingkatan tertinggi setalah pramuka penggalang ramu dan rakit, atau tingkatan terakhir dalam pencapaian materi SKU.

Dalam KBBI kata terap memiliki arti (verba) mengenakan (pada); mempraktikkan . (noun) proses, cara, perbuatan menerapkan; pemasangan.

Filosofi dalam penggalang terap adalah pada masa ini seorang pramuka harus dapat menerapkan materi yang telah di ramu , dan di rakit sebelumnya dalam kehidupan sehari - hari. atau dapat di artikan pada tingkatan ini seorang pramuka rakit harus mampu merapkan materi yang di dalam dalam pencapaian SKU ataupun ilmu - ilmu yang berguna dalam pramuka.

4. Warna Merah

seperti yang kita ketahui , tingkatan warna dalam pramuka penggalang adalah merah . sehingga bentuk dari kiasan tingkatannya sendiri berwarna merah

5. Garis Putih 3

garis putih yang ada di tenggah-tenggah badge ada 3, hal ini memiliki arti sebagai tri satrya dalam pramuka. jadi filosofinya adalah kandungan tri satya yang menjadi beban tanggung jawab yang harus di amalkan.

Cukup sekian dulu ya , materi kali ini tentang arti dari lambang atau badge pramuka penggalang ramu , rakit , dan terap . semoga bermanfaan dan terima kasih.

Salam Pramuk..

Sumber :
https://www.apaarti.com/merakit.html
https://kbbi.web.id/terap-2
https://brainly.co.id/tugas/10260870

4 komentar:

  1. Toko Pramuka ScoutAddict Kediri menyediakan berbagai macam atribut, perlengkapan dan aksesoris pramuka
    Info pemesanan WA> 081217746083
    Info produk lihat di blog http://scoutaddictindo.blogspot.co.id/

    Kakak-kakak bisa juga belanja di marketplace ScoutAddict
    Tokopedia : https://www.tokopedia.com/scoutaddict
    Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/scoutaddict?from=dropdown

    BalasHapus
  2. Trimakasih kakak.. artikel yg sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. Terimakasih kak😇😇
    Artikelnya sangat bermanfaat👍👏👏

    BalasHapus
  4. Terima Kasih Kak,, infonya sngat membantu banget!Smoga smkin Barokah

    BalasHapus