Breaking News

Ice Breaking - Samurai Man ( cara bermain dan manfaatnya )


Pramuka Network -  Salam pramuka. . nah pada kesempatan kali ini sahabat pramuka network akan menjelaskan tentang ice breaking atau permainan yang namanya “ SAMURAI MAN “ .
pada tau gk tentang samurai . ? 
Samurai adalah perwira militer kelas elit pada masa praindustri di Jepang. Samurai bekerja untuk majikan atau tuan tanah yang disebut daimyo, sedangkan samurai yang tak memiliki majikan disebut ronin.Samurai memilki seperangkat aturan atau kode etik yang disebut bushido. Nah berikut ini merupakan permainan samurai. Yuk simak bagaimana cara bermainnya.

Samurai Man

Permainan ini dilakukan minimal 8 atau 10 orang dengan membentuk lingkaran dan 1 pemimpin yang bertugas memberikan intruksi. Aturan permainannya yaitu peserta mengikuti intrusi dari pemimpin yang bertugas memberikan arahakan jika ada musuh. Setelah pemimpin memberikan intruksi ada musuh maka peserta atau samurai akan menebas musuh yang ada dengan memperagakan seakan-akan mengayungkan katana atau pedang yang dimilikinya kepada musuh.

Intruksi

  • ·       Peserta memberntuk lingkaran.
  • ·      Pemimpin memberikan aba-aba “ SAMURAI “ , kemudaian peserta menggenggam tanggannya dan di angkat di atas kepala sambil sambil mengatakan kata “ SIAP “ .
  • ·      Pemimpin memberikan intruksi “ MUSUH DI DEPAN “ , kemudian peserta mengayunkan pedangnya ke depan sambil mengatakan “ HAEK “ .
  • ·     Intruksi pemimpin dapat “ MUSUH DI DEPAN “ atau “MUSUH DI BELAKANG “ , “MUSUH DI KANAN” , dan atau “MUSUH DI KIRI “
  • ·       Kemudian pserta bergerak ke arah yang di intruksikan pemimpin.


Tujuan

Selain permainan ini bertujuan untuk menghibur , juga akan melatih rasa percaya diri , konsentrasi , dan reflek peserta.  Dan rasa amanah terhadap perintah yang di berikan oleh pemimpinnya.

Catatan

Setelah selesai permainan , pemimpin atau instruktur memberikan pemahaman atau menjelaskan kepada peserta maksud dan tujuan dari setiap permaianan yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar