Breaking News

Permainan Pramuka - Sedot Air ( cara bermain dan manfaatnya ) I PRAMUKA NETWORK




Salam pramuka. . Halo sahabat pramuka network , kali ini kakak akan memberikanpenjelasan tentang permainan pramuka yang diberi nama “SEDOT AIR”. Masalah nama sih terserah kakak-kakak aja sih mau di berikan nama apa, bisa juga di beri nama “AIR BERJALAN” atau apalah yang kedengarannya lebih seru. Namun inti dari permainan ini adalah memindahkan air dari dalam wadah yang satu dengan cara di sedot, kemudian di pindahkan dengan sedotan tersebut ke media lain/wadah lain. Nah berikut ini penjelasannya cara permainan “SEDOT AIR” dan manfaatnya.

SEDOT AIR

Permainan ini dilakukan secara berkelompok,  minimal ada 2 kelompok/ regu yang masih-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang.  Setiap anggota kelompok di berikan satu sedotan yang berguna untuk menyedot dan membawa air ke wadah yang lain.

ALAT
  • Sedotan Minuman
  • Ember
  • Rafia atau pembatas (opsional)
  • Botol minuman
  • Bangku atau kursi



BAHAN
  • Air ( aquades )



INTRUKSI
  • Mengisi ember atau timba dengan air dan di letakkan di atas kusi, sejauh 5 meter letakkan botol minuman yang kosong di atas kursi. Dari kursi tempat ember berisi air sampai ke botol di berikan pembatas dengan rafia.
  • Membentuk kelompok yang terdiri dari 5 – 10 orang .
  • Membariskan membentuk berderet / atau lurus.
  • Sedotan diletakkan di mulut, kemudan secara bergantian menyedot air dari ember dan di pindahkan ke dalam botol minuman.
  • Waktu permainan sekitar 3 – 5 menit, indikatornya adalah banyaknya air yang berhasil dipindahkan dengan sedotan ke dalam botol minuman. Kelompok yang berhasil di berikan hadiah dan apresiasi, supaya jiwa kompetisinya tetap melekat.


TUJUAN DAN MANFAAT
Selain permainan ini bertujuan untuk menghibur, juga berguna untuk melatih jiwa kompetisi, kerja sama tim, kepercayaan antar anggota, dan jiwa tanggung jawab. Permainan ini dapat di terapkan pada pramuka siaga , pramuka penggalang , bahkan pramuka penegak pandega. Selain itu juga bisa di terapkan dalam outboad .

CATATAN
Setelah selesai permainan , pemimpin atau instruktur memberikan pemahaman atau menjelaskan kepada peserta maksud dan tujuan dari setiap permaianan yang telah dilakukan. Penjelasan dari intruktur mengenai manfaat dan tujuan permainan akan memberikan pemahaman kepada peserta bahwa permainan yang dilakukan berguna dan tidak sebatas hiburan belaka.

Tidak ada komentar